Content

when writing the story of your life, don't let anyone else hold the pen

visualisasi cempo hitam tak mengundang selera makan

Sunday 29 April 2012 - Filed under cerita cidodol residence + kuliner

saya sedang menjajal makan nasi yang berwarna hitam aka cempo hitam.

saat nasi hitam terhidang di piring, yang terlintas di benak adalah ketan hitam yang dipadukan dengan lodeh, telur ceplok dan tahu/tempe goreng. sigh.

eh, tapi saya sungguh tak keberatan mengkonsumsi cempo hitam ini. saya menyukainya. hanya saja, kesan pertama yang muncul sungguhlah tidak menggundang selera makan: perpaduan ketan hitam dan lodeh. wah.

menurut keterangannya, beras hitam ini:

“Beras Hitam mengandung anti-oksidan kuat melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel akibat paparan sinar UV. Kandungan zat kalium dan magnesium dalam beras hitam juga bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah dan mengurangi resiko¬† terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Beras hitam juga bermafaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah tumor/kanker, memperlambat penuaan, dan mencegah amenia. Beras ini merupakan beras khas dari Yogya Jawa Tengah, dibudidayakan secara terbatas oleh kelompok tani tertentu dan memerlukan masa tanam yang lebih panjang disbanding beras-beras yang popular lainnya. Nutritional (per 100g):¬† Karbohidrat = 78.1; Lemak = 8.1; Protein = 2.4; Serat = 1.6; Air = 9.8″

not bad.

 

2012-04-29  »  Femi Adi